Rabu, 13 Oktober 2010

materi gelombang

tips dan trik komputer | 22.26.00 |
    Pengertian  Gelombang
   1. Terbentuknya gelombang
Sebuah gelombang akan terjadi bila ada sumber yang berupa getaran dan ada yang mermbatkannya.
    2. Jenis jenis Gelombang
Di alam ini banyak sekali gelombang air,gelombang tali,cahaya,bunyi,dan gelombang radio.gelombang itu tidak sama oleh sebab itu dikelompokan menjadi beberapa jenis sesuai kemiripannya,contohnya dapat dibagi dengan dasar berikut:
   a. Berdasarkan arah rambat dan arah getar
Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya,gelombang dapat dibagi menjadi dua.Pertama,gelombang transversal yaitu gelombang yang arah rambatnya tegak lurus pada arah getarnya.Contohnya gelombang air,tali,dan cahaya.
Kedua,gelombang longitudinal yaitu gelombang yang arah rambat dan arah getarnya sejajar.Contohnya gelombang pegas dan bunyi.
   b. Berdasarkan Mediumnhya
Berdasarkan mediumnya,gelombang juga dapat dibagi menjadi dua.Gelombang mekanik yaitu gelombang yang membutuhkan media dalam  merambat.Contohnya gelombang tali dan bunyi.Gelombang Elektromagnetik yaitu gelombang yang tidak membutuhkan media dalam merambat.
   c.  Berdasarkan Amplitudo
Bedasarkan amplitude,ternyata ada dua jenis gelombang yaitu:Gelombang ber jalan yaitu gelombang yang amplitudonhya tetap.Gelombang stasioner yaitu gelombang yang amplitudonya berubah sesuai posisinya.
   3. Besaran besaran pada gelombang
Frekuensi adalah banyaknya gelombang yang terjadi tiap detik.Sedangkan periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk satu gelombang.
    f=N/t
    T=t/N
    f=1/T
    T=1/f
Keterangan →f = frekuensi(hz)
               T = periode(s)
               N = banyaknya gelombang
               t = waktu (s)
    Untuk gelombang tranversal satu gelombang sama dengan dari puncak ke puncak terdekat atau dari lembah ke lembah terbekat.Sedngkan gelombang longitudinal satu gelombang sama dengan dari renggangan ke renggangan terdekar atau dari rapatan ke rapatan terdekat.
    Berikutnya adalah cepat rambat.Gelombang bentuk rambatan berarti memiliki kecepatan rambat.Sesuai dengan pengertian dasarnya maka cepat rambat ini dapat di rumuskan sebagai berikut:    v= s/t
             Untuk satu gelombang dapat ditdntukan besaran berikutnya yang perlu diketahui adalah panjang gelombang yang di simbolkan λ .yaitu panjang satu gelombang atau jarak yang ditempuh untuk satu kali gelombang.Yang dirumuskan
        V= λ/T    atau    λ= f.v
    Keterangan     λ= panjang gelombang(m)
            T= periode(s)
            V = cepat rambat(m/s)
CONTOH
Sebuah gelombang menjalar pada air.Dalam waktu 25 s gelombang dapat menempuh jarak 10 m.Pada jarak tersebut terdapat 4 gelombang.Tentukan frekuensi,periode,panjang gelombang,dan cepat rambat gelombang.
PENYELESAIAN
Diketahuai  t= 25 s
           S=10 m
           N=4
Ditanya f……….?
     T………?
      λ. …..?
     v ……..?
dijawab     f= N/t=4/25=0,16 hz
        T= 1/f=1/0,16=6,25 s
        λ=S/N=10/4=2,5 m
        v= λ.f = 2,5.0,16=0,4 m/s
SOAL
   1. Gelombang yang dirambatkan dengan frekuensi 5 Hz.Gelombang tersebut menempuh jarak 15 m dalam waktu 5 s.Hitung
    Periode gelombambang
    Panjang gelombang
    Cepat rambat gelombang
    2.Gelombang air laut menyebabkan permukaan air naik turun dengan periode 2 detik.Jika jarak antara dua puncak gelombabang 5 m maka  gelombang akan mencapai jarak 10 m dalam waktu t.Berapakah t…………?
   3. Pada permukaan suatu danau terdapat dua buah gabus yang terpisah satu dari lainya sejauh 60 cm.Keduanya turun naik bersama permukaan air dengan frekuensi 2 Hz.Bila salah satu gabus berada di puncak bukit gelombang,yang lainya berada di lembah gelombang,sedangkan diantara kedua gabus itu terdapat satu bukit gelombang.Tentukan cepst rambat gelombang pada permukaan danau. !
    4.Sebuah gelombang tranversal mempunyai periode 4 detik.Jika jarak antara dua buah titik berurutan yang membentuk satu gelombang sebesar 8 cm,maka berapakkah cepat rambat gelombang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shaleh's. Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search